Asal Kata Nama BATAK

asal nama kata batak
Design By Muhammad Yudhis Febriansyah. Sumber gambar: Google.com

Batak adalah salah satu suku yang ada di Indonesia, suku Batak adalah penduduk yang mendiami wilayah Sumatera bagian utara, tepatnya provinsi Toba Samosir yang sekarang. Sebagian besar masyarakatnya memeluk agama Kristen protestan, akan tetapi banyak pula yang memeluk Khatolik dan Islam.

batak_dancing_by_dudiksdjpt
Gambar Para Pemuka Adat Batak Sedang Menjalani upacara adat dengan latar belakang Rumah Adat Batak.

Nama Batak sendiri sebenarnya bukan berasal dari orang Batak, akan tetapi nama ini sendiri diberikan oleh para musafir yang datang kepantai pesisir pulau sumatera, lalu nama batak tersebut dikukuhkan oleh para Missionaris yang datang ke daerah itu pada tahun 1860. Makna kata Batak sendiri memiliki konotasi negatif, maksudnya, kata Batak sendiri memiliki pengertian Liar, Biadab, Dan Terbelakang.

Kata Batak pertama kali diketahui oleh para musafir dari penduduk pesisir yang mendiami daerah pantai pulau sumatera atau yang sekarang kita kenal sebagai masyarakat Melayu, Para penduduk pesisir menyebut penduduk yang tinggal dipegunungan dengan sebutan Bata yang memiliki pengertian liar, biadab, dan bengis. Hal itulah yang membawa para musafir untuk menyebut para penduduk gunung tersebut dengan sebutan Batak. Memang penduduk Batak dahulu adalah masyarakat yang liar, dan tertutup, bisa dibilang mereka jauh tertinggal dari masyarakat pesisir yang lebih terbuka dan mau menerima perubahan yang datang dari luar. Bahkan kata Batak sendiri tidak ada dalam Pustaha (tulisan tangan asli orang Batak), hal ini semakin memperjelas bahwa kata Batak bukan berasal dari orang Batak tetapi kata itu berasal daru para musafir yang kemudian dikukuhkan oleh para misionaris yang datang ke sana pada tahun 1860-an.
Seiring dengan berjalannya waktu, kata Batak mengalami perubahan makna menjadi lebih positif, yakni menjadi sebutan bagi suku yang sekarang mendiami wilayah tapanuli utara, yang didalamnya termasuk TOBASA (Toba Samosir).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s